____Elektronika____

Frequency Counter FLL IK3OIL

Frequency Counter FLL IK3OIL

Frequency Counter FLL IK3OIL
Ini merupakan alat pengukur frekuensi HF dengan kontrol logika yang mampu mengunci VFO (Variable Frekuensi Osilator) yang disetel secara manual ke frekuensi aktualnya. Fungsi penguncian terdapat pada perangkat lunak didalamnya ketika penalaan VFO terdeteksi sehingga rangkaian ini bekerja menstabilkan frekuensi VFO secara otomatis sepenuhnya. Jadi alat ini berguna untuk mengukur frekuensi RF HF dan menstabilkan Frekuensi.

Prinsip kerjanya cukup sederhana yaitu : sebuah counter mengukur frekuensi osilator atau VFO, perubahan nilai frekuensi terakhir akan dibandingkan dengan nilai frekuensi yang disimpan sebelumnya setelah itu program akan menerapkan koreksi frekuensi melalui perubahan tegangan yang mencatu dioda varaktor. Proses ini telah diimplementasikan sebelumnya dengan menggunakan IC TTL. Sekarang, hanya dengan mikrokontroller tunggal dapat melakukan pekerjaan lebih baik apalagi dengan menawarkan kemampuan pembacaan frekuensi secara digital.

Berikut beberapa fitur FLL :
  1. Stabilitas frekuensi sejajar dengan kristal referensi, pergeseran maksimal 15Hz
  2. Pengukur frekuensi digital dengan resolusi 10Hz, bisa dengan offset IF
  3. Pengunci frekuensi otomatis dengan indikator LED
  4. Rentang pengunci frekuensi yang dapat diprogram.
  5. Kemampuan kompensasi pergeseran frekuensi keseluruan (jangka panjang) hingga 15KHz.
Berikut Skema :
Skema FLL IK3OIL
Skema FLL IK3OIL
Berikut Layout PCB :
PCB TOP FLL IK3OIL
PCB TOP FLL IK3OIL
68x52mm
Pemrograman perangkat dilakukan dengan menggunakan dua tombol push: "SET" dan ">" dengan cara berikut:
  1. Menekan tombol "SET" untuk pertama kalinya, nilai IF akan ditampilkan (fungsi "IFset") dan Kursor berkedip diposisikan pada digit pertama yang dapat Anda modifikasi (sepuluh MHz), sekarang Anda dapat memodifikasi nilai digit dengan menggunakan tombol push “>” dalam rentang 0 - 9. Setelah mengubah digit ini Anda dapat pergi ke digit berikutnya dengan menekan lagi tombol "SET", dan seterusnya sampai Anda mencapai yang terakhir digit ke kanan.
  2. Menekan tombol "SET" kedua memulai fungsi "Mode set", dan sekarang Anda dapat memilih, dengan menggunakan tombol ">", antara tiga mode operasi: "VFO + IF", "IF - VFO", "VFO -IF".
  3. Menekan tombol “SET” ketiga memasuki mode “Lock set”, memungkinkan untuk 
    memodifikasi penguncian batas jangkauan (yaitu penyimpangan frekuensi yang 
    diizinkan selama periode pembacaan tunggal) antara minimum 20 Hz dan 
    maksimum 100 Hz (default 25 Hz). Ini mungkin berguna untuk memungkinkan 
    rangkaian kontrol mengimbangi waktu singkat, penyimpangan frekuensi cepat, 
    hingga 500 Hz / detik, asalkan demikian drift jangka panjang secara keseluruhan 
    tetap dalam +/- 7.5 KHz. Dengan rangkaian VFO yang dijelaskan di bawah ini rekomendasikan untuk tidak mengubah standar 25 Hz.
  4. Terakhir, tekanan tombol "SET" terakhir menutup menu, menyimpan parameter pengaturan di PIC EEPROM (non volatile memory), dan mengaktifkan kembali fungsi 
    pembacaan frekuensi.
Perlu diingat bahwa, ketika beroperasi dalam mode "IF - VFO" atau "VFO - IF",pembacaan frekuensi hanya akan ditampilkan jika hasil pengurangannya positif (>0) .!!!

Untuk menghindari kemungkinan gangguan/interferensi kerja VFO, saya sarankan untuk membuat perisai yang baik dengan menempatkan PCB ke dalam kotak logam yang bodynya digroundkan. Satu konektor multi-pin dapat digunakan untuk modul LCD, LED Indikator, tombol tekan dan catu daya, sementara dua buah kabel coax RG174 digunakan untuk koneksi ke VFO (input RF dan kontrol V), bisa juga menggunakan kabel head/audio.

FLL IK3OIL
FLL IK3OIL

FLL IK3OIL
FLL IK3OIL
Rangkaian ini cocok sekali sebagai display frekuensi sekaligus penstabil pada Homebrew HF transceiver seperti BITX, Ararinha SSB, Transceiver AM, Transceiver CW dll.

Untuk file HEX program bisa diunduh DISINI.
Cara mengisi program dari file hex ke IC PIC16F628 bisa dilihat DISINI.

Sekian dari penulis apabila ada pertanyaan silahkan berkomentar.
Terimakasih................................_____________________________
2 Komentar untuk "Frequency Counter FLL IK3OIL"

Link mati om 😩. Boleh minta om ? Pingin punya iwanrakhmat76@gmail.com trmksh

Iya oom, file hex nya udah nggak ada linknya

Back To Top