____Elektronika____

Zener Voltage Regulator

Zener Voltage Regulator


Ini merupakan rangkaian sederhana yang digunakan untuk menstabilkan tegangan DC.
Jika kita merakit catu daya DC maka tegangan yang keluar adalah tegangan yang belum teregulasi (unregulated) maka jika diberi beban / load tegangan bisa turun / anjlok. Maka dari itu perlu rangkaian untuk menstabilkan tegangan agar rangkaian elektronika yang dicatu bisa bekerja optimal dan stabil.


Dioda Zener adalah diode yang memiliki karakteristik menyalurkan arus listrik mengalir ke arah yang berlawanan jika tegangan yang diberikan melampaui batas "tegangan tembus" (breakdown voltage) atau "tegangan Zener". Ini berlainan dari diode biasa yang hanya menyalurkan arus listrik ke satu arah.



Pada postingan kali ini penulis menggunakan Zener + Transistor sebagai komponen aktifnya. Zener sebagai penstabil tegangan dan transistor sebagai penguat arus. berikut skemanya :
Zener Voltage Regulator
Zener Voltage Regulator
Layout PCB : 
Zener Voltage Regulator
Zener Voltage Regulator PCB

Bottom Layer Size 26x28mm

Contoh Rangkaian yang sudah jadi :
Zener Voltage Regulator
Zener Voltage Regulator

Rangkaian ini bisa digunakan untuk pengganti IC 78XX atau sejenisnya.


Dibawah ini rangkaian voltage regulator yang bisa diatur tegangan keluarannya :

Variable Zener

Skema diatas merupakan Zener Variabel yang dapat dibangun dengan 2 Transistor NPN,PNP dan beberapa resistor.
Daftar Komponen "Rangkaian Zener Variabel" : 
  • R1,R3,R4 = 10K
  • R2 = 4K7
  • P1=100K
  • T1 = BC547
  • T2 = BC557
Ok sekian dari penulis apabila ada pertanyaan silahkan berkomentar.

1 Komentar untuk "Zener Voltage Regulator"

My Testimony Hello everyone. Am here to testify how I got my loan from Mr. Benjamin after I applied several times from various loan lenders who promised to help but they never gave me the loan. Until a friend of mine introduced me to Mr.Benjamin Lee promised to help me and indeed he did as he promised without any form of delay.I never thought there are still reliable loan lenders until I met Mr. Benjamin Lee, who indeed helped with the loan and changed my belief. I don't know if you are in any way in need of a genuine and urgent loan, Be free to contact Mr. Benjamin via WhatsApp +1-989-394-3740 and  his email: 247officedept@gmail.com thank you. 

Back To Top